Arsitektur UMJ

A. SEJARAH SINGKAT
Jurusan Arsitektur didirikan pada tahun 1978 melengkapi jurusan-jurusan yang telah ada dilingkungan Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta. Lahirnya Jurusan Arsitektur dibidani oleh Ir. Arsil Hadin dan Ir. Muhammad Nuh, yang pada saat itu menjadi dosen di Jurusan Teknik Sipil, dan bekerja di Badan Pengembangan Proyek (BPP) Cempaka Putih Jakarta Pusat, serta seorang ahli pematung RM. Suarsono, BFA.
Dalam perkembangannya sampai saat ini, Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Jakarta telah banyak mengalami kemajuan dalam segi fasilitas dan tenaga pengajar.

B. STATUS

  1. Status DIAKUI berdasarkan Surat Keputusan Mendikbud Nomor : 0147/0/1991, tanggal 25 Maret 1991.
  2. Status DISAMAKAN berdasarkan Surat Keputusan Dirjen Dikti Nomor : 101/DIKTI/KEP/1993, tanggal 4 Maret 1993.
  3. Keputusan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor : 05793/AK-VIII-S1-023/UMJ TEA/VIII/2003, tentang perolehan jenjang AKREDITASI B

C. Visi & Misi Arsitektur

Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah memiliki visi :

“Sebagai institusi pendidikan tinggi Arsitektur yang menghasilkan sarjana yang kompeten di bidang ARSITEKTUR KOMUNITAS, berakhlaq mulia, berjiwa wirausaha dan mampu bersaing.”

Untuk merealisasikan visi tersebut, maka misi utama Jurusan Arsitektur adalah:

  1. Mengarahkan Pengembangan Kurikulum dan Metode Pendidikan yang berorientasi pada lulusan yang berwawasan arsitektur komunitas dan selalu tanggap terhadap perubahan global.
  2. Meningkatkan kualitas pendidikan arsitektur yang berbasis kompetensi.
  3. Mengimplementasikan nilai-nilai AIK di dalam proses pembelajaran.
  4. Menerapkan dan mengimplementasikan mata kuliah keilmuan dan ketrampilan (MKK) yang dapat menunjang kegiatan wirausaha
  5. Menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam maupun luar negeri