Shooting dokumenter Channel NewsAsia bersama Jurusan Arsitektur FTUMJ

Image

4 Oktober 2012 lalu tim Channel NewsAsia, stasiun televisi berita Asia yang berbasis di Singapura, bertandang ke Jurusan Arsitektur FTUMJ dalam rangka shooting sebuah tayangan dokumenter yang akan disiarkan sekitar akhir tahun 2012 ini. Shooting ini merupakan kelanjutan dari shooting di beberapa tempat di negara-negara Asia Selatan dan Tenggara, di mana pada saat pengambilan gambar di Bangkok September lalu, tim Channel NewsAsia secara tidak sengaja berjumpa dengan rombongan Studi Ekskursi Bangkok Jurusan Arsitektur FTUMJ yang pada akhirnya mendaulat para rombongan menjadi salah satu narasumber untuk diwawancara.

Dokumenter yang bertema seni bina/arsitektur rantau Asia dan Nusantara ini, mengambil beberapa lokasi shooting yang memang memiliki kesamaan/kemiripan langgam arsitektur, seperti kemiripan bentuk Candi/Kuil maupun bangunan tradisional lainnya yang menghubungkan secara tidak langsung latar belakang arsitektur yang ada di wilayah Asia Selatan sampai dengan Tenggara. Dokumenter ini diproduseri oleh Andrew Paterson, dan yang menjadi kontributor ahli sekaligus juga sebagai pembawa acara/host untuk acara tersebut yaitu Dr. Farish Ahmad-Noor (Senior Fellow for the Contemporary Islam Programme; Rajaratnam School of International Studies (RSIS), Nanyang Technological University).

Dalam perjumpaan pertama kali di depan kuil Wat Arun di Bangkok, Dr. Farish dan Andrew melalui wawancaranya menanyakan mengenai temuan-temuan yang rombongan dapatkan ketika melakukan observasi ke berbagai candi dan obyek-obyek lain di Bangkok, dan kaitannya dengan kesamaan arsitektur ketika dibandingkan dengan apa yang ada di Indonesia (Borobudur, Prambanan, atau arsitektur tradisional lainnya). Ketika tim Channel NewsAsia ini melanjutkan filming di wilayah-wilayah di Indonesia, mereka pun mengambil kesempatan transit di Jakarta untuk melanjutkan wawancara dan shooting lebih jauh di kampus FTUMJ, sebelum terbang lagi ke Padang, Sumatera.

Dalam kesempatan shooting lanjutan ini, perwakilan mahasiswa dan dosen Jurusan Arsitektur FTUMJ kembali diwawancara mengenai kesan-kesannya setelah melakukan perjalanan studi ekskursi ke Bangkok, Thailand. Selain itu juga dilanjutkan dengan shooting diskusi mengenai tema dari film dokumenter ini, di mana Dr. Farish mengajak mahasiswa untuk melihat contoh-contoh dari kemiripan langgam arsitektur yang ditemui di wilayah selatan dan tenggara Asia tersebut.

Image

Dr. Farish Ahmad-Noor (tengah) mewawancarai salah satu dari rombongan Studi Ekskursi Bangkok Jurusan Arsitektur.

Image

Shooting dan wawancara pun dilanjutkan di Kampus FTUMJ setelah kepulangan dari kegiatan Studi Ekskursi Bangkok.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s