Tawaran Beasiswa Unggulan Luar Negeri Tahun Ajaran 2012

Tawaran Beasiswa Unggulan Luar Negeri Tahun Anggaran 2012

February 28, 2012

b48c8b09b3d69737a69e70bb86d16a39Dalam upaya meningkatkan kualifikasi sumber daya manusia di berbagai Perguruan Tinggi, Khususnya pada 9 (sembilan) Perguruan Tinggi yang saat ini dalam proses perubahan menjadi Universitas/Politeknik Negeri (Universitas Bangka Belitung, Universitas Masamus Marauke, Universitas Borneo Tarakan, Universitas Maritim Raja Ali Haji, Politeknik Negeri Batam, Politeknik Manufaktur Timah Bangka Belitung, Politeknik Negeri Balikpapan, Politeknik Bengkalis, Politeknik Nusa Utara). Pada tahun anggaran 2012 Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menawarkan program Beasiswa Ungulan (BU) Luar Negeri yang diperuntukkan bagi tenaga kependidikan dan calon dosen Perguruan Tinggi yang bersedia ditempatkan di salah satu diantara 9 (sembilan) Perguruan Tinggi tersebut. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi akademis tenaga kependidikan dan calon dosen dalam memenuhi kualifikasi unggul. Program ini diperuntukkan bagi:

  1. Lulusan terbaik perguruan tinggi untuk berkarier sebagai calon dosen, dan
  2. Tenaga kependidikan berprestasi yang akan meningkatkan kualifikasi sesuai tugas dan fungsinya.

Sehubungan dengan hal tersebut diatas, dengan ini kami sampaikan hal-hal sebagai berikut.

  1. Bidang keilmuan strategis BU LN untuk calon dosen pada tahun anggaran 2012 adalah: Ilmu Bahasa (Linguistik: Bahasa Asing & Daerah), Ilmu Kependidikan (bibatasi; MIPA, Kejuruan, PAUD, Bahasa Asing & Daerah, Kebudayaan), Ilmu Kesehatan, Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Ilmu Teknik, Ilmu Pertanian, Ilmu Kesenian dan Ilmu Kebudayaan (dibatasi: Seni dan Budaya), Olah Raga, Kewirausahaan di bidang teknologi (Science-tech), Manajemen Pendidikan Tinggi, Manajemen Kebencanaan, Pariwisata.
  2. Bidang keilmuan strategis BU untuk tenaga kependidikan pada tahun anggaran 2012 adalah: Bahasa Asing (bahasa PBB), Ilmi Komputer dan Teknologi Informasi, Hubungan Internasional dan Ilmu Komunikasi, Manajemen Pendidikan Tinggi, Akuntansi (dibatasi untuk mengambil topik risetnya pada akuntansinya saja, bukan akuntansi perilaku), Ilmu Perpustakaan, Ilmu Hukum (legal drafting), Ekonomi Perencanaan.
  3. Persyaratan umum dari calon yang berminat mengikuti BU ini meliputi:
    1. Calon dosen di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). yang dimaksud dengan calon dosen di lingkungan Kemdikbud adalah:
      1. Calon dosen yang bersedia mengabdi atau ditempatkan di perguruan tinggi di seluruh wilayah Republik Indonesia.
      2. Tidak berstatus sebagai calon pegawai negeri sipil (CPNS) atau pegawai negeri sipil (PNS).
    2. Tenaga Kependidikan di lingkungan Kemdikbud. Yang dimaksud dengan tenaga kependidikan di lingkungan Kemdikbud adalah:
      1. Tenaga kependidikan yang berstatus sebagai pegawai negeri sipil di lingkungan Kemdikbud.
      2. Tenaga kependidikan perguruan tinggi yang diselenggarakan oleh masyarakat dengan ketentuan sebagai berikut:
        1. Tenaga kependidikan tetap yang diangkat oleh penyelenggara perguruan tinggi.
        2. Sudah mempunyai Nomor Induk Kepegawain (NIK) Yayasan.
        3. Tidak bersattus sebagai pegawai negeri sipil (PNS).
    3. Calon penerima Beasiswa Unggulan untuk Tenaga Kependidikan diusulkan oleh Pimpinan Lembaga minimal eselon II di lingkungan Kemdikbud atau pimpinan perguruan tinggi negeri dan Kopertis untuk perguruan tinggi swasta.
    4. Peserta calon dosen dan tenaga kependidikan:
      1. Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) lulusan S1 (3,0) untuk calon yang akan melanjutkan ke Program S2, dan IPK 3,25 untuk lulusan S2 yang akan melanjutkan ke Program S3.
      2. Usia maksimal 26 tahun untuk calon yang akan melanjutkan S2 dan maksimal 30 tahun untuk calon yang akan melanjutkan S3.
      3. Sudah diterima di program studi pascasarjana, yang dibuktikan dengan surat penerimaan dari perguruan tinggi penyelenggara.
  4. Persyaratan khusus calon penerima beasiswa unggulan luar negeri:
    1. Lulus seleksi yang diadakan oleh Tim Seleksi yang dibentuk Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi.
    2. Memiliki surat penerimaan tanpa syarat (unconditional Letter of Acceptance) dari PT Luar Negeri yang memiliki rangking dunia.
    3. Memiliki sertifikat kemampuan bahasa Inggris (minimal IELTS 6.0 ataupun TOEFL IBT 87), ataupun sertifikat bahasa lainnya sesuai dengan bahasa pada perguruan tinggi luar negeri tujuan.
  5. Tahapan seleksi diawali dengan seleksi administrasi. Sebagai bagian dari seleksi administrasi, calon peserta beasiswa unggulan luar negeri harus sudah memiliki Letter of Acceptance (LoA) dari universitas rangking dunia. Selanjutnya calon penerima harus mendaftar secara online ke laman http://beasiswa.dikti.go.id/bu dan menyampaikan berkas lamaran kepada Dikti. Peserta yang lolos seleksi administrasi akan diundang untuk wawancara (dalam bahasa inggris) yang merupakan bagian dari proses seleksi.
  6. Komponen biaya yang diberikan adalah:
  7. Seluruh Berkas lamaran dikirim ke alamat: Direktorat Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Ditjen Pendidikan Tinggi, Gedung D Lantai 5, Jl. Jenderal Sudirman, pintu satu, Senayan, Jakarta. Seluruh dokumen paling lambat diterima tanggal 31 Maret 2012.

Selengkapnya dapat diunduh disini.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s